• gambar 2
  • baner
  • ss

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KENDARI. Terima Kasih Atas Kunjungannya @ Pengumuman Lulus Siswa Kelas XII dilaksanakan pada Senin. 13 Mei 2019. @ Pengumuman hasil seleksi PPDB 2019, Selasa, 14 Mei 2019. Dapat diakses pada pengumuman madrasah dan website ini.

KALENDER PENDIDIKAN

 

Kalender pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari disusun setiap permulaan tahun pelajaran dengan menyesuaikan waktu kegiatan pembelajaran. Pengaturan waktu belajar mengacu pada standar isi, karakteristik Madrasah, kebutuhan siswa dan masyarakat serta ketentuan dari pemerintah.

Pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun ajaran adalah sebagi berikut:

A.    Permulaan Tahun Pelajaran

Awal dimulainya tahun pelajaran baru selalu mempertimbangkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjend Pendis, Kepala Kemenag Sultra, Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kota Kendari. Kegiatan ini diawali oleh Penerimaan PPDB oleh Panitia yang telah dibentuk pada akhir tahun pelajaran sebelumnya.

1.      Waktu Belajar

Waktu belajar  menggunakan sistem semester, dalam  satu tahun pelajaran terdiri dari semester genap dan semester ganjil. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 6 hari, mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu dengan jam belajar sebagai berikut :

HARI

WAKTU BELAJAR

Kegiatan antara

Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu

07.15  -  15.25

Istirahat & Shalat zhuhur berjamaah

Jum’at

07.15  -  11.55

Istirahat & Sholat Jum’at bagi siswa laki-laki dan shalat berjamaah/majelis ta’lim bagi siswa perempuan

Senin – Sabtu

14.00 – 16.30

Kegiatan Ma’had dan Ekstrkurikuler

 

 

 

  1. Minggu Belajar Efektif

Minggu efektif pembelajaran di MAN 1 Kendari selama 1 tahun pada Tahun Pelajaran ini berlangsung selama minimal 36 minggu. Adapun rincian minggu efektif tersebut disajikan pada lampiran 9.

  1. Kegiatan Awal Semester

Kegiatan awal semester diisi dengan melaksanakan Ulangan Harian I, Ulangan Harian II, dan Ulangan Harian III.

  1. Kegiatan Akhir Semester

Kegiatan akhir semester diisi dengan Ulangan Semester selama 10 hari, setelah itu akan diisi Ajang Kompetisi Seni dan Olah raga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-KKM MAN 1 Kendari. Tahun ajaran 2016/2017 AKSIOMA akan dilaksankan setelah ujian semester ganjil sedangkan KSM akan dilaksanakan setelah Ujian Semester Genap.

  1. Kegiatan Akhir Tahun

Kegiatan setiap akhir tahun diisi dengan Pelaksanaan UAMBN, UN & UAM serta Ujian Praktikum bagi siswa kelas XII, penentuan penaikan kelas bagi kelas X dan XI, Pengumuman Kelulusan siswa kelas XII serta penerimaan  siswa  baru (PPDB).

  1. Jadwal Kegiatan

Rencana kegiatan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari disusun setiap tahunnya berdasarkan kalender pendidikan yang dibuat oleh MAN 1 Kendari yang disesuaikan dengan agenda daerah dan agenda nasional. Adapun agenda kegiatan MAN 1 Kendari untuk Tahun Pelajaran 2016/2017 ini dapat dilihat pada lampiran 10.