• gambar 2
  • baner
  • ss

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KENDARI. Terima Kasih Atas Kunjungannya @ Pengumuman Lulus Siswa Kelas XII dilaksanakan pada Senin. 13 Mei 2019. @ Pengumuman hasil seleksi PPDB 2019, Selasa, 14 Mei 2019. Dapat diakses pada pengumuman madrasah dan website ini.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KENDARI

NPSN : 40405909

Jl.Pasaeno, No. 3 Kendari


mansatu.kendari@gmail.com

TLP : 3123943


          

Banner

Agenda

11 December 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Statistik


Total Hits : 109467
Pengunjung : 30837
Hari ini : 50
Hits hari ini : 118
Member Online : 2
IP : 34.225.194.144
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari dalam menyelenggarakan pendidikan telah mengupayakan pengadaan berbagai sarana dan prasarana sebagai kebutuhan sebuah lembaga yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sarana pendukung tersebut antara lain adalah perpustakaan, laboratorium dan aula.

a)        Perpustakaan

Perpustakaan merupakan salah satu kelengkapan sarana pendukung MAN 1 Kendari yang ditangani oleh seorang koordinator (sebagai Kepala Perpustakaan) dan dibantu oleh tiga orang staf layanan. Koleksi perpustakaan MAN 1 Kendari hingga tahun 2017 adalah sekitar 11.706 Buku Penunjang/Pengayaan, 622 buku bacaan fiksi, 3515 Buku Referensi, 17.221  buah Buku Pelajaran/Buku paket koleksi dari berbagai bidang ilmu, sehingga total koleksi perpustakaan MAN 1 Kendari berjumlah 33.064 koleksi. Perpustakaan MAN 1 Kendari juga sedang mengembangkan pelayanan bagi pembaca terutama dari kalangan siswa dengan melengkapi rak buku sebanyak 16 buah, meja baca sebanyak 6 buah, rak surat kabar, kipas angin, AC dan komputer yang masing-masing berjumlah 1 buah. Fasilitas hot spot internet juga telah tersedia untuk melengkapi pelayanannya.

b)        Laboratorium

Laboratorium sebagai sarana penting dalam proses belajar mengajar sedang berupaya untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di MAN 1 Kendari. Laboratorium ini adalah salah satu unit yang dikelola oleh masing-masing koordinator bidang yakni biologi, kimia, fisika, bahasa, komputer, multimedia dan keterampilan. Tugas yang dilakukan oleh koordinator ini antara lain adalah: merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium, menyusun jadwal, tata tertib penggunaan laboratorium, dan menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan laboratorium.

c)         Ruang Kelas           

Sejak diberlakukannya Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015 di MAN 1 Kendari, jumlah peminatan/jurusan di madrasah bertambah yaitu peminatan IPA, peminatan IPS, peminatan Keagamaan dan peminatan Bahasa yang berimplikasi pada bertambahnya rombongan belajar dan ruang kelas. Hingga tahun pelajaran 2017/2018 jumlah ruang kelas mencapai 25 kelas untuk menampung 25 rombel dari empat peminatan tersebut, terdiri dari 12 kelas  untuk peminatan IPA, 7 kelas untuk peminatan IPS, 3 kelas untuk peminatan Keagamaan, dan 3 kelas untuk peminatan Bahasa.

d)        Ruang Guru

Hingga tahun 2017, ruang guru yang digunakan untuk menampung tenaga pendidik/guru di MAN 1 Kendari yang berjumlah 66 orang masih menggunakan bangunan PGAN yang telah direnovasi secara berkelanjutan dan terus terpelihara keberadaannya.

e)         Ma’had Ilmi

Ma’had Ilmi adalah program pemondokan di MAN 1 Kendari (Boarding Study) yang menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi siswa-siswi madrasah, baik yang berprestasi secara akademik maupun yang masih membutuhkan penanganan khusus dalam rangka memperbaiki kemampuan baca tulis Al qur’an  (BTQ) serta pembinaan dari segi perilaku siswa. Program ini dikelola oleh Pembina Ma’had MAN 1 Kendari yang bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Pondok Modern (IKAPM) Gontor Darussalam serta Alumni dari LIFIA Jakarta dan memiliki struktur organisasi sendiri.

Ma’had Ilmi saat ini mengasuh 60 orang santri yang terdiri dari 30 santriwan dan 30 santriwati dengan jumlah pengasuh 6 orang, dari alumni Gontor dan LIFIA Jakarta maupun guru MAN 1 Kendari.

Program Boarding Study melalui Ma’had Ilmi MAN 1 Kendari ini bertujuan menghasilkan lulusan MAN 1 Kendari yang unggul dalam prestasi akademik keislaman, terampil berbahasa Arab dan Inggris serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

f)         Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB)

MAN 1 Kendari sebagai induk manajemen memiliki salah satu wadah kegiatan yaitu Pusat Sumber Belajar Bersama yang dikelola tersendiri dan mempunyai struktur organisasi tersendiri.

Pada dasarnya, keberadaan PSBB MAN 1 Kendari dimaksudkan sebagai laboratorium peningkatan kualitas pendidikan madrasah. Dalam hal ini, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta layanan pembelajaran bagi siswa. Lembaga ini juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas untuk kepentingan pendidikan dan pelatihan (Diklat).

Fasilitas dan layanan PSBB tersebut adalah:

  • Aula (Audiotorium)

Aula PSBB MAN 1 Kendari dapat digunakan sebagai sarana belajar atau kegiatan-kegiatan lainnya dengan kapasitas 300 orang dan dilengkapi dengan sarana Audio.

·         Ruang Belajar

          Ruang belajar PSBB MAN 1 Kendari dapat dipakai untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan presentasi dengan sarana yang lengkap dan dapat menampung 40 orang. Berdasarkan rasio jumlah siswa dan jumlah kelas yang ada maka pada Tahun ajaran 2017/2018 MAN 1 Kendari masih membutuhkan tambahan sejumlah 3 kelas yakni masing-masing 1 kelas untuk jurusan IPA, IPS dan Keagamaan.

·         Wisma

       Tersedianya sarana berupa fasilitas penginapan yang mendukung terkonsentrasinya proses belajar, baik bagi pengguna dari dalam maupun dari luar kota. Fasilitas penginapan ini memiliki 22 kamar tidur dengan kapasitas 115 orang.

·         Katering

       Pusat layanan ini dilengkapi dengan fasilitas pantry dan ruang makan, dimaksudkan untuk memudahkan akses layanan konsumsi bagi kegiatan-kegiatan pelatihan terpadu.

 

g)        Penjamin Mutu Madrasah (PMM)

       Penjamin Mutu Madrasah adalah unit yang dibentuk oleh Kepala Madrasah yang bertugas untuk mengembangkan mutu internal MAN 1 Kendari berupa kegiatan sistemik penjaminan mutu dalam rangka mengawasi penyelenggaraan seluruh kegiatan di MAN 1 Kendari secara berkelanjutan (continuous improovement).

       PMM MAN 1 Kendari merupakan kegiatan mandiri yang dilaksanakan oleh lembaga MAN 1 Kendari sehingga standar mutu dirancang, dijalankan dan dikendalikan sendiri oleh PMM MAN 1 Kendari.

       Adapun tujuan PMM MAN 1 Kendari adalah:

  1. Memelihara dan meningkatkan standar mutu MAN 1 Kendari secara berkelanjutan.
  2. Mewujudkan visi dan Misi MAN 1 Kendari
  3. Memenuhi kebutuhan stakeholder melalui peningkatan kualitas pelayanan akademik (pembelajaran) dan non-akademik (manajemen dan pengelolaan).

Dalam rangka mengaktualisasikan tujuan PMM MAN 1 Kendari, Program ungulan yang digagas oleh lembaga penjaminan mutu Madrasah Aliyah diantaranya adalah:

  • Hybrid Class: adalah system pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran E-learning. Tujuan dari program ini adalah mengoptimalkan berbagai sumber daya belajar termasuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Semua guru yang mengajar dalam kelas hybrid dituntut mampu menerapkan strategi terbaik untuk memfasilitasi pembelajaran.

Pada mata pelajaran tertentu dimungkinkan menerapkan team teaching untuk lebih melayani siswa secara individual dalam proses pembelajaran. Program ini telah dilaksanakan selama 2 tahun yakni sejak Tahun Pelajaran 2016/2017 dan berlanjut pada Tahun ajaran 2017/2018. Program ini dilaksanakan pada kelas XI IPA 1, XI IPS 2, XI IPA 1, dan X IPS 1.

Peran orangtua dalam program Hybrid class sangat penting, oleh karena itu, pihak MAN 1 Kendari berupaya dan terus melakukan dialog kepada para orang tua siswa melalui Komite madrasah dalam mendukung program ini.

  • Program Literasi: Progam literasi telah dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017, selanjutnya efektif dilaksanakan secara berkelanjutan pada Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mekanisme pelaksanaan program literasi MAN 1 Kendari dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut:

Setiap siswa diwajibkan memilih topik bacaan sesuai dengan minat mereka masing-masing. Selanjutnya mereka dituntut melaporkan hasil bacaan mereka kepada seluruh guru Bahasa Indonesia. Hari pelaksanaan program literasi membaca dilaksanakan pada hari senin minggu ke 2 dan ke 4.

  • Hari Bahasa (English day dan Arabic day): Program hari bahasa dilaksanakan setiap hari senin untuk English day, dan hari jum’at untuk Arabic day. Program hari Bahasa arab dan inggris diterapkan kepada semua warga madrasah.

h)        Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Berdasarkan data tahun 2017, tenaga pengajar dan tata usaha (TU) MAN 1 Kendari terbilang cukup memadai dari segi jumlah. Untuk tenaga pendidik di MAN 1 Kendari, lebih dari setengahnya adalah magister dan selebihnya adalah S1 pada bidangnya masing-masing (lihat Lampiran 3). Sebaliknya untuk tenaga kependidikan (TU), MAN 1 Kendari memiliki staf  TU yang kurang dari setengahnya adalah S1 dan selebihnya adalah tamatan SMA (Lihat Lampiran 4).